BASIC ENGLISH COURSE: The Beginning

salah satu 9 bulan terbaik dalam hidup saya..

http://kampung-inggris.com/wp-content/uploads/2010/10/kampung_bahasa_inggris_pare.jpg
note: tampak depan kampus Basic English Course



seperti yang sudah saya janjikan, kali ini saya akan bercerita tentang sebuah institusi yang mengubah diri saya.

Juni 2012,
saya di Pare, saat itu saya masih mengambil program di Step Two Daffodil dan Helping Program V Kresna.
ceritanya di suatu sore lagi kumpul sama anak anak Step Two di Mak Ketan dan tiba-tiba aja ada yang nanya perihal studi jangka panjang saya di Pare,
dan salah satu dari teman saya nanya apakah saya minat ngambil BEC dan saat itu saya yang memang masih awam banget sama BEC menggeleng kuat-kuat. dan Timmy, salah satu temen anak TI ITB nyeletuk,

"kenapa? kamu kan lama disini, sayang lho, aku aja pengen kok kalau punya waktu sebanyak kamu"

hmm.. should I?

so guys, BEC itu adalah salah satu kursus pertama yang didirikan di Pare, boleh dibilang legenda nya Pare laah.
dan BEC ini sampai sekarang sudah punya lebih dari 20.000 alumni di seluruh Indonesia dan bahkan mancanegara,
BEC sama seperti kursus bahasa inggris yang ada di Pare pada umumnya, dengan konsentrasi utama pada Grammar dan Speaking,
durasi belajar di BEC sampai lulus dan mendapat sertifikat adalah 6 bulan; 1 bulan kelas dasar atau BTC, 2 bulan kelas CTC dan 3 bulan kelas TC lalu ada tambahan 3 bulan lagi untuk kelas MS yaitu kelas pendidikan tutor.

nah kembali ke Mak Ketan.. ternyata salah satu classmate saya ada yang jebolan BEC tahun 2006 dan mulailah dia cerita semuamuanya tentang BEC ..

"..pokoknya islami banget, kental banget agamanya .."

".. peraturannya itulooh ketat, duh pokoknya bener-bener ati ati banget deh kalo les disana.."

".. cuma gara-gara rambut gondrong, itu cowok paling pinter seangkatan lulus dengan nilai paling jelek .."

".. harus pinter pinter deket sama guru kalo mau nilai bagus .."

".. duh pokoknya bisa lulus aja udah untung deh, jangan ngarep bisa dapet A.."


ehem, well, tau kan saya paling ngga suka sama yang beginian.
nantang banget kesannya. 
akhirnya setelah bincang bincang sore itu saya pulang ke Camp dan entah Allah sedang merencanakan sesuatu atau apa tiba-tiba saja di dalam keranjang sepeda saya ada selembar brosur sederhana dengan judul Basic English Course..

saya telpon orangtua dan minta pendapat tentang kursus jangka panjang di BEC dengan segala peraturan ketatnya itu dan orangtua pun menyerahkan sepenuhnya pada saya.

akhirnya, kadung penasaran dan merasa tertantang, Juni tanggal 25 saya datang ke office nya dan melakukan pendaftaraan untuk periode SON (September-Oktober-November) dan saya mendapat calling number nomor 65.

okay, sekarang tinggal tunggu bulan Agustus dimana ada proses daftar ulang dan pemilihan kelas.

tbh, awalnya saya daftar di BEC bukan untuk belajar bahasa inggris.
well rasanya nista banget harus jujur tentang niat awal masuk kesana, yaaah karena awalnya memang cuma 'pengen tau' dan ngebuktiin bahwa saya bisa bawa pulang sertifkat A dari BEC yang katanya super strict itu.

hari pemilihan kelas tiba, ngga tau kenapa banyak wajah-wajah bahagia disini. ugh. dan anehnya kondisi tersebut malah bikin saya tambah ilfil pada waktu itu.

setelah menunggu cukup lama akhirnya nama saya dipanggil, time to select the class!
well, kelas A memang sudah penuh, tapi kelas B masih kosong...
hmm.. kelas D jam setengah dua ya? boleh juga, okay akhirnya positif saya jadi murid nomor tiga di kelas D.
setelah selesai saya keluar dari ruangan begitu saja dan mengabaikan orang-orang yang menawarkan brosur Pre BEC.

dan tau-tau saja September datang dan saya menjadi murid BTC-CTC.
teguran Allah datang di hari pertama masuk :')
saya yang sudah antisipasi banget sama keketatan peraturan di BEC malah harus telat 15 menit di jam GAS (baca: Grammar And Structure) dan akhirnya alfa di hari pertama :')

well, minggu pertama saya di kelas D tidak berjalan cukup baik.
saya yang emang kadang suka agak jutek dan ngeselin makin sengak saja kalau sudah dikelas,
abis siapa yang ngga kesel coba kalau punya kelas yang namanya Diamond? (well, tiap kelas harus bikin nama keren dari abjad kelas tersebut)
dan Diamond? kesannya kita bukan kumpulan para pelajar bahasa inggris tapi kumpulan tante-tante aneh yang tergila-gila sama berlian.
cukup.

tapi untungnya Ican datang menyelamatkan suasanaaaaa *jengjeeeng*

mulai dari berhasil memenangkan Smart Quiz buat kelas Diamond, terus juga sukses mengantarkan Dhewa menjadi Chief of Closing Study Club And Nightly Speaking, jadi Female Speaker mewakili teman-teman di CTC dan jadi roleplayer sama Ican.
pelan-pelan saya mulai betah di BEC dan mulai bisa bersyukur ada di bawah atapnya..

  note: perpisahan Diamond setelah masuk TC, bersama Papa Adin dan Mam Nova
                         
note: foto bersama guru pengampu didepan office setelah ujian kenaikan ke tingkat TC

 note: (modusnya) belajar bareng di Ketan sambil ngisi Exercise Sheet yang seabrek-abrek dari Papa Adin, ada Dita, Layli, Ocha, Eni dan Meyda



 note: foto setelah midtest bersama para tutor MS 51



note: jalan-jalan sama anak Diamond ke Surowono, semacam gua bawah tanah yang ngeri banget -_- fyi tempat duduk bambu yang kita dudukin rame-rame itu patah ngga lama setelah foto ini diambil -_-


note: pretest Speaking pasangan sama Ican dan di-cie cie-in sama anak sekelas -_-


 note: renang minggu-minggu sama anak Diamond :)


pelajaran bahasa inggrisnya di BTC-CTC tentu saja sudah pernah saya pelajari sebelumnya tapi saya tidak berusaha sengak ketika baru pertama kali masuk, saya mencoba berbaur bersama teman-teman yang lain dan ikutan pusing tiap kali mau Oral Test setiap jum'at pagi. 

nah.. jadi di tingkat BTC-CTC itu kami masuk tiap senin-kamis dan setiap hari jum'at nya kami menjalani Oral Test yang lumayan bikin sport jantung..
setiap kali Oral Test kami mendapat 4 pertanyaan khusus yang harus dijawab dalam hitungan detik dan hasilnya langsung kita dapat setelah Oral selesai, ada yang All Right, One Mistake, Two Mistakes, One Right atau All Mistake (baca: under chicken)
dari setiap Oral selama BTC-CTC saya belum pernah mendapatkan score selain All Right kecuali sekali, inget bener nih, di ruangan Belgium dan pengujinya adalah mam Nova dan ironisnya lagi pertanyaannya adalah Question Tag 'Nobody is perfect, ...?'
hiks.
yaaaah nobody is perfect, kok, nobody.

nah selain Mam Nova, di BTC-CTC ini kelas Diamond juga diampu sama Mr. Adin or we call him Papa Adin.
dan Papa Adin itu bener-bener sekomplit-komplitnya guru deh!
beliau bisa jadi pendidik, orangtua, sahabat, rival, motivator, penyanyi, penari plus pelawak!
duh.. we diamond you, Papa Adin.
saking sayangnya kami sama Papa Adin, kami pernah bikin acara makan malam bareng di Italy pake acara serah kado, musikalisasi puisi dan lagu yang kita ciptain khusus buat Papa Adin (in the end lagunya jadi mars angkatan kami, 119) dan tbh malam itu adalah salah satu dari sekian banyak unforgettable night di dalam hidup saya, rasanya lilin-lilin yang menjadi penerang satu-satunya di Italy malam itu telah berpendar di hati saya selamanya *duileh gaya*

 note: ngasih surprise party ke Papa Adin setelah kita naik tingkat ke TC


oiya di BTC-CTC ada satu lagi unforgettable night, yaitu Closing Study Club and Nightly Speaking atau acara perpisahan sama tutor-tutor MS kami yang akan berangkat outdoor alias ngajar diluar Pare.
nah, dimalam itu saya duduk manis di samping Mr. Daniel, pakai blazer dan didandanin cemong sekali *masih malu kalau inget* dan speech di depan semua guru dan teman-teman seangkatan saya dan ngucapin terima kasih serta ucapan perpisahan ke tutor tutor.
katanya sih speech saya cukup kece *ehem* sampe-sampe Mr. Fu sampe kesemsem gitu.
*siapa itu Mr. Fu akan dibahas di bab selanjutnya muehehehe*

 note: punggawa Role Play "Gone For Four Days" bersama Papa Adin, supervisor Closing SC dan Mr. Tata, guru MS

terus juga masih ada role play yang saya mainin bareng Ican dan banyak anak CTC lainnya.
di role play yang berjudul Gone For 4 Days itu ceritanya saya dan Ican adalah sepasang sahabat yang menemukan kaca pembesar ajaib yang bisa bikin kita keliling dunia, akhirnya bertiga saya-Ican-Paula pergi keliling dunia dan menemukan kebudayaan-kebudayaan unik dari Arab, China, India dan , of course, Indonesia :)
tapi something banget pas di India harus njoget njoget pake sari a la india gitu -_- tapi ngga papa lah karena di scene Arab ada adegan nampar Ican dan di scene China juga ada adegan nendang dan mukul Ican muehehehehe *ketawa sesadis-sadisnya*

setelah gegap gempita Closing SC, kami mulai sibuk lagi belajar dan ngapalin New Concept English yang bakalan diuji secara lisan untuk kenaikan ke tingkat TC, belum lagi ada ujian tulis yang no correction pen no scratching *hiks*

 note: New Concept bersejarah yang sekarang udah kusem bin kumel

dan yang melelahkannya adalaaaah.. sehari sebelun final test ke TC kami masih harus ngadain Closing Meeting BTC-CTC, yaah semacem perpisahan sama temen-temen di kelas BTC-CTC gituu.. karena nanti pas TC kelasnya dipisah lagi.
dan di Closing itu saya mengagetkan semua orang dengan menjadi penari sambutan. hihihi...

 note: para guru undangan sedang menyaksikan Closing Meeting CTC 119 SON 2012



 note: dan inilaaaaaah.. jengjengjeeeeeng.. saya dengan kostum yang cie banget setelah menarikan Welcoming Dance, foto setelah acara selesai bersama Mas Akbar, Miss Ima dan Ican

akhirnya ujian juga berlalu..
saatnya libur (sebentar) dan lalu kembali lagi ke BEC buat ngambil amplop pengumuman naik/tidak naik ke tingkat TC.
dan di hari pertama jadi murid TC itu kami Diamond Class ngadain private farewell sama Papa Adin dan Mam Nova di ruangan UK 3.
di farewell itu kita sama-sama ngerewind apa aja yang udah Diamond lewati bersama dan karena selama ini setiap Chief Closing selalu dari Diamond Class (Chief Closing SC Dhewa dan Chief Closing Meeting Ms. Tami) Papa Adin nantang kami buat kembali menjadi Chief Farewell, which more difficult than other Closing dan saya sama Ican cuma saling tukar pandangan aja hehehe
terus Papa Adin juga nantang kami buat berdiri diatas panggung pas penyerahan sertifikat kelulusan sebagai The Best Ten *pheww, lumayan berat*

dan akhirnya dengan tantangan-tantangan dari Papa Adin itulah kami memulai masa TC kami, yang tentunya jauh lebih seru dan menegangkan dibanding BTC-CTC.
welcome to the jungle.

0 comments