BASIC ENGLISH COURSE: Nano Nano Training Class

masih di 9 bulan terbaik ..


just.. as always :')


nah kali ini kita akan lanjut ke tingkat TC atau Training Class, beda kaya BTC-CTC yang seperti paketan atau cuma dua guru utama yang kita temui selama tiga bulan, kelas TC kita ketemu sama banyaaaak guru, ngga banyak-banyak sih tapi intinya kita pasti ketemu sama semua guru TC.
dan disini kita harus hati-hati NOT TO SPEAK BUT IN ENGLISH. serius lho, jangan coba-coba kalo masih mau wisuda..

di TC kami masuk kelas dari senin-jumat, no Oral Test *yaaay* dan Weekly Meeting setiap hari sabtu.
nah Weekly Meeting itu semacam parade speech, kita harus nyimak dan ada conclusion, resting dan correction juga intinya pada akhir program nanti semua murid TC pasti pernah having speech.

beda seperti kelas BTC-CTC yang lebih warna warni penamaan ruangan belajarnya as like Belgium, Canada, Denmark dan Meeting Hall, kalau di TC kita bakal stuck di UK.
ada UK1, UK2, UK3 dan UK4.

note: saya bersama teman-teman sekelas saya di kelas paling cetar membahana di TC 119 DJF 2013/2014,            CHARGER CLASS


bedanya lagi di BTC-CTC hanya ada materi GAS (masih inget? Grammar And Stucture) dan EIU (English In Use) sementara di TC ada GAS, EIU, New Concept dan Describing Picture.

dikelas GAS kita ketemu both Mam Atun dan Mr Fa seminggu sekali di UK4.
materi GAS di TC bener-bener mantaaps karena butuh ekstra perhatian tapi entah kenapa setiap dapet jadwal di UK4 tuh pleasure banget deh, soalnya serasa tertantang gitu sama pertanyaan-pertanyaan ngedadaknya Mom Atun, kalau Mr Fa sih lebih slow ngajarnya tapi asik dan cepet ngerti (belum termasuk jokes nya beliau yang selalu sukses bikin anak sekelas ketawa, bukaaan.. bukan karena joke nya lucu tapi karena ekspresi Mr Fa yang lucu muehehehe)
dan entah mengapa tiap kali selesai kelas GAS yang durasinya 'hanya' sekitar 90 menit itu saya dan teman-teman yang lain cuapeeeek dan ngos-ngosan inside, rasanya kaya abis lari marathon gitu, padahal cuma duduk dan ngejawab soal latihan doang. 

nah lanjut ke kelas Speaking which has only one teacher...
jengjengjeeeeeng Miss Yuni (or me and my friends usually called her Mak)
wah pokoknya kelasnya Mak Yuni ini top markotooops; lengkap sensasinya.
mulai dari excited, tegang, gemes, ngakak terus sampe berburu fulus dari tebakan-tebakan dan tantangannya Mak Yuni.
di kelas Speaking ini banyak game dan hal-hal seru yang kita pelajari, sebenernya sih tips asik buat enjoy kelasnya Mak Yuni cuma satu kok; obey the rule!
yang rulenya sendiri sebenernya ada tiga (saya masih inget karena di awal pelajaran nulis rule ini di notebook)

1. Be Brave
2. Do Homework
3. Don't Come Late

Mak Yuni ini paling ngga suka lhoo kalau beliau nanya "any question?" atau "any comment?" atau "what do you get from our class today" dan cuma sedikit yang hands up.
pokoknya kalau beliau nanya kita sekelas harus angkat tangan, walaupun ngga tau mau jawab apa yang penting angkat tangan aja!
bocoran yaaa, saya dapet guarantee for A certificate karena angkat tangan cepet-cepet sementara anak yang lain ngga angkat tangan pas pelajaran CCU 
dan akhirnya waktu itu Mak Yuni jadi ngomel-ngomel ke kelas.
tapi masih mending sih di kelas kami cuma ngomel aja sementara di kelas Dare dan Galaxy Mak Yuni bener-bener ngga mau masuk kelas karena yang absen 20 orang lebih!
sampe-sampe para chief nya despret karena Mak Yuni ngambek sengambek-ngambeknya.
dan Mak Yuni itu kalau ngomong memang agak sedikit nyelekit dan makjleeeb nang ati tapi Mak Yuni juga baik suka traktir kita-kita anak muridnya.
oiya, kalau ngga masuk karena sakit atau ijin ngga usah repot-repot ngirim surat ke Mak Yuni karena suratnya cuma bakal langsung masuk basket sampah tanpa dilirik sedikitpun (well saya bener-bener liat ini didepan mata saya sendiri, makanya walaupun saya demam dibela-belain tetep masuk kelas, ngga pernah bolos di TC)

terus ada kelas Describing Picture di UK2, jadi nanti kita bakal dapet potongan komik dan kita harus ngedekripsiin cerita tersebut.
tbh sih kelas ini merupakan kelas yaaaaang.. um.. yang.. uhm.. yang.. *ehem* agak sedikit mengantukkan.
tapi saya sih selalu mencoba memerhatikan*halah*
kelas ini diampu sama Mr. Ibnu dan Mr. Sali
nah kalo dapet Mr. Sali bisa asik karena jokesnya kocak dan kadang bikin ngakak.
tapi walaupun keliatannya Mr. Ibnu sama Mr. Sali itu kalem jangan coba-coba ngobrol berkepanjangan yaaa karena chief Galaxy sama Ican pernah diusir keluar dari UK2, sampe chief Galaxy yang juga merupakan temen deket saya, sebut saja namanya Ucit, despret banget dan udah siap ngeberhentiin bus tujuan Jombang di perempatan deket HEC *fufufu* *pukpukin Ucit dari jauh*

note: salah satu gambar yang harus di deskripsiin pas pelajaran Describing Pic


terakhir...
my favorite awesome adorable amazing teacher.. jengjengjeeeeeng..
Kak Fu !!
wah pokoknya favourite teacher di TC deh
beliau mengampu New Concept di UK3 dan sebenernya kelas beliau tuh bener-bener ngga kaya kelas karena selalu ada kejutan di tiap materinya dan fyi Kak Fu ini masih muda banget lho dan beliau adalah anak bungsunya Mr. Kallend.
duh pokoknya New Concept TC bener-bener beda banget sama NC jaman BTC-CTC yang bikin tegang karena hapalan tapi NC di TC sama sekali ngga bikin cemas-cemas amat, sayangnya kelas NC ini yang paling cepat selesainya karena Kak Fu nya harus ngehandle Travel Exam bagi murid TC di akhir program.

terus setiap jum'at malam kita juga harus mengikuti Nightly Speaking dan beda banget sama NS di BTC-CTC yang hanya ada games sambil nyanyi-nyanyi, di TC NS nya cuma ada debate dan bener-bener nge.bo.ring.in
ah pokoknya selama TC saya ngga begitu excited sama Nightly Speaking, paling satu-satunya hal yang saya senengin selama NS cuma pas kelas saya tampil di acara resting aja.
jadi pas NS tiap kelas harus ngasih resting berupa yel-yel kelas.
and my class got the 2nd prize for the best yel-yel!
dan kata tutor MS nya itupun kita jadi juara 2 karena kelas kita udah pernah dapet Best Yell waktu General Election buat Chief Farewell..

well di TC ini saya mengalami ujian belajar yang banyaaaak bangets tapi untungnya kata-kata Mr. Fa di kelas pertamanya saya catet di notebook dan di pikiran..

"please have a good motivation in studying"

cobaan terberat adalah ditinggalin sama temen-temen di TC, yeaah guys di TC ini bener-bener pake hukum rimba seleksi alam; yang kuat yang bertahan.
jadi banyak teman-teman yang ngga kuat dan akhirnya mutusin buat berhenti sebelum finish. hiks. 

dan banyak event-event asik di TC, salah satunya adalah Walking For Fun.
jadi Walking For Fun itu waktunya kita happy-happyan sebelum Travel Exam.
kita jalan santai pake kostum muterin Tulungrejo sambil mungutin sampah *dan karena kelas saya berkostum bidadari jadi kan iyuh gitu ya harus mungutin sampah muehehehe*

note: ini para bidadari yang baru turun dari Lamborghini bersama dua orang beggar yang beruntung:3
note: ini para bidadari lagi tercenung karena ngga menang satu games pun. hiks
note: gilanya anak Dare dan Galaxy yang ... okay speechless about their costume but y'all Rock broh!


kelas kami berkostum total banget saat Walking For Fun; preparenya aja dua minggu sebelumnya.
yang perempuan pake kostum Angel dan laki-lakinya pake kostum Devil, lengkap dengan sayap, tanduk dan holy.
nah pas acara jalan santai nya kan di mix tuh perempuan sama laki-lakinya beda kelas buat jalannya dan lucunya perempuan-perempuan bidadari dari kelas Charger, kelas saya, dapet pasangan sama laki-laki kelas Galaxy yang berkostum gembel.. jadinya Beggar Gets Angel gitu muehehehe *ketawa cantik nan memesona*

setelah jalan santai dan sarapan pecel bareng di Garden Hall kita lalu ngegames bareng Mak Yuni dan guru-guru lainnya (minus Kak Fu karena beliau sudah di Jogja buat Travel Exam)

sayang banget di games yang sebarek-abrek itu kelas Charger ngga menang apapun huaaaaa..
eits tapi santaii.. karena best costume nya kita yang nyabet! yeaaaah!
the biggest prize went to us!
memang sih cuma snack dan cemilan but you don't know the feel when we win it guys! soooo proud so so so!

note: ini para bidadari cantik lagi mau ikut games Sneaky :3




nah selesai Walking For Fun ada puncaknya ujian yaitu Travel Exam dan sebelum ujian Travel juga ada ujian buat Travelnya *duh*

note: the First Travel bersama Mr Fu dan pemilik Lumayan Inn setelah Travel Exam selesai


nah jadi nanti ada dua rombongan, satu rombongannya sembilan orang, pergi ke Borobudur buat have a chat sama foreigner.
kedengerannya gampang ya? hm hm hmm.. not that's easy bro.
karena dari sekitar 22 keberangkatan Travel, ada 8 orang yang ngga lulus Travel Exam.
bukan.. bukan karena mereka ngga bisa ngomong, tapi karena mereka telat dan tidak mematuhi jadwal travel.
kita mengenang insiden itu sebagai The Eighth Travel, karena delapan orang yang gagal lulus itu adalah rombongan kedelapan dan mereka hanya telat beberapa menit... beberapa menit dan perjuangan selama 6 bulan selesai begitu saja.
tapi ini juga merupakan hal pahit yang menyembuhkan, setidaknya mengajarkan kita betapa pentingnya disiplin dan ketepatan waktu..

dan karena saya termasuk ke Main Committee di Farewell Party jadi saya dan tujuh Main Committee lainnya berangkat di travel rombongan pertama.
oiya ngomong-ngomong soal Committee Farewel Party atau FW, saya dan Ican berhasil lho menjawab tantangan Papa Adin untuk kembali mengetuai event di BEC.

note: saya sedang nyanyi *boong* sedang menyampaikan visi misi di General Election
note: ini hasil pemungutan suara, lihatlah bagaimana njomplangnya perolehan suara saya dan Ican T.T
 
 note:blek kempein yang dilakukan oleh saya dan Ican berupa mencoret-coret poster masing-masing :D

here we are.. Ican terpilih sebagai Chief sementara saya menjadi Vice yang anggun dan mendukung dibelakang sambil tersenyum *lah*

Travel Exam rombongan pertama sukses sukses saja dan asik banget karena kita bisa joget joget lagu 'Tererereretreret-Tererererteret-Terererereteret-Tret-Tret-Tret-Tret-Hidup-Tanpa-Cinta-Bagai-Taman-Tak Berbunga-Ooh-Begitulah-Kata-Para-Pujangga-Ooh-Hai-Begitulah-Kata-Para-Pujanggaaaaaa' di Borobudur bareng-bareng sama foreigner, asiknya lagi kita ketemu foreigner yang masih seumuran kita, college student gitu.
ada foreigner dari UK, USA, Aus, Italy, Canada and Spain dan sumfeh itu foreigner dari Aus bahasa inggrisnya susyeh bener ditangkep *sayanya aja yang cengoh* *kalem*

note: saking asiknya 'ujian' sampe duduk ndeprok-ndeprok di Borobudur. coba tengok gaya duduk saya.. aaah selalu begitu, awesome :3


oiya saking jipernya sama jadwal Exam yang muepet saya sampe ngga minat banget belanja ini itu, cuma beli cemilan buat anak-anak Camp aja sama rok batik yang samaan sama Ifa
*eh segitu tuh cuma lhooo.. cuma*

nah habis Travel Exam ada ujian akhir Grammar yang subhanallah walhamdulillah walaillahailallah wallahu akbar sekali.
saya ngerjain soal test itu dengan amaaat sangaaat teliti nan telaten, setiap jawaban saya perhitungkan betul-betul.
ujian Speaking debate face to face.
ujian Describing Picture kaya Miss Universe yang ngambil satu potongan kertas dan kita nanti nyeritain gambar yang ada di kertas tersebut terus juga ada ujian Oral buat materi Common Mistake..
oiya ngomong-ngomong soal Oral Test, ternyata selain ujian tulis, Grammar juga menyediakan ujian lisan, syalalalalala ~

bayangkan betapa deg-degannya saya ikut ujian lisan Grammar yang materinya dahsyats dahsyats lebih lagi kami sudah tiga bulan tidak pernah merasakan sensasi Oral Test.

dan Mam Atun plus Mr Fa sama-sama menjadi penguji kali itu. jadi kelas kami dibagi dua kloter di satu waktu, yang beruntung akan mendapatkan Mr Fa sebagai penguji sementara sisanya ... sisanya.. yaaah begitulah..

sebenernya ngga ada yang salah sih sama Mam Atun, cuma kalau dapet Mr Fa itu lebuh enak karena beliau bikin kita tenang dan vocab nya juga ngga susah susah dan kalau Mr Fa itu ngga ngebedain soal. kalau Mam Atun wah mantaps soalnya beliau ngasih soal sesuai dengan kemampuan murid masing-masing tapi kalau dipikir lagi seruan Mam Atun juga sih, memacu adrenalin bangets :3

jadi pas Oral Grammar tiba *saya sudah berdoa dari pagi agar dapet Mr Fa* kartu tes kami sekelas dikumpulkan dan kami liat sendiri Mam Atun memilih kartu-kartu tes milik kami dengan sesama *glek banget*
daaaan detik demi detik berlalu, dan tiap kali Mr Fa dan Mam Atun masuk ke ruang tunggu ujian dan menyebut nama anak-anak yang harus masuk ke ruang ujian tiap kali itu pulalah satu heartstring saya copot *halah lebay*
rasanya nunggu dipanggil ujian lisan itu kaya nunggu pengumuman eksekusi gantung hmmm
daaaaan ternyata saya termasuk ke dalam grup neraka *halah*
saya dipanggil ketika sedikit lagi orang yang tersisa di dalam ruang tunggu,
doa saya belum terkabul kali ini, Mam Atun memanggil nama saya bersama dengan Laila, Isni dan Agus.

well okay, mereka ini expert-expertnya Grammar di kelas.
kalo lagi pelajaran GAS dan Mam Atun ngasih pertanyaan ke beberapa anak dikelas dan tidak ada satupun yang menjawab benar maka Mam Atun akan mulai menanyakan pertanyaan itu ke kami berempat, urutannya adalah Laila-Isni-Flory-Agus.

kira-kira seperti ini alurnya,
"Laila? wrong.. wrong.. if Laila can't answer the question, how can you? Isni? halah wrong again.. Flory? wrong. Agus? how about you? what's your answer? wroooong."

okay.

jadi sudah pasti kani berempat ini 'disisakan' oleh Mam Atun agar beliau tidak usah repot repot membuat soal yang jomplang tingkat kesulitannya.

dari kami berempat, tidak ada yang bisa mendapatkan All Right. well tbh di angkatan kami sepertinya tidak ada yang dapat All Right di Oral Grammar.
kami masing-masing dapat 4 pertanyaan dan ngga boleh mikir lama-lama, saya sendiri lupa dapet Two Mistakes atau One Mistake.
yang jelas ada satu pertanyaan yang bikin Mam Atun ketawa denger jawaban saya, walaupun untungnya jawabannya benar sih..
jadi saya disuruh membuat sebuah kalimat menggunakan Passive Gerund, nah satu lagi peraturan bagi Mam Atun adalah kita ngga bisa sembarangan bikin kalimat dalam bahasa inggris, walaupun structurenya bener tapi artinya tidak masuk akal otomatis jawaban salah dan saya waktu itu menjawab seperti ini;

"Polisi itu mendenda orang yang didenda dijalan"

dan Mam Atun ketawa. haha. okay.

yaaaaaaaak


nah setelah diantara rentetan ujian itu, waktu para committee juga tersedot untuk mengurus FW alias Farewell Party.
dan itu bener-bener-bener menguras tenaga dan emosi.
banget.
selain acaranya yang gede-gedean dan butuh banyak hal yang harus dipersiapkan, saya dan Ican juga banyak dapet crash crash yang bikin komunikasi kita tambah buruk.
belum lagi tekanan dari para supervisor khususnya Mak Yuni..

pokoknya bener-bener mantaps.

banyak kekhawatiran-khawatiran yang ada sebelum kami mulai FW, saya jadi sering cengeng dan muntah muntah kecapekan, so did Ican.

note: persembahan committee, lipsync I Want To Hold Your Hand nya The Beatles
note: Main Committee bersama supervisor dan seorang tamu foreigner yang merupakan sahabatnya Mr. Kallend
note: kegilaan para committee dan functionaries yang bahagia bukan main setelah menyelesaikan FW Party

daaaan akhirnya tambah lagi satu unfogettable night di TC, Farewell Party TC 119 DJF 2012/2013
oiya diakhir FW diumumin para murid yang berhasil pass the exam dan jumlah nilai A, B dan C juga ada pengumuman yang saya tunggu-tunggu..

yaaa.. 60 kepala terbaik yang diterima sebagai murid MS 53 (yang akan saya ceritakan di post selanjutnya)

dan besoknya setelah FW ada acara yang bernama The Second Night, itu semacam wisuda bagi kami, dan disitulah kami tau nilai dan peringkat kami..

kami dipanggil ke stage berlimabelas-limabelas untuk menerima sertifikat beramplop merah marun tebal.

murid yang pertama disebut, Adib, mendapat nilai C sekian lalu setelah itu berurutan angkanya menjadi lebih kecil.

saya berdoa agar tujuan utama saya masuk BEC, getting A certificate, terkabul.

parade murid yang mendapat nilai C pun habis.. berganti dengan nilai B dan nama saya belum disebut, nama Mbapi Ican dan Dhewa juga belum disebut.

saya duduk bersebelahan dengan Mbapi dan saling bergenggaman tangan.
begitu nilai B habis dan beranjak ke nilai A, fiuuuuh leganya luar biasa..

di A63 Mbapi disebut..
Ican di A31..
Dhewa di A11 *aaaak padahal satu lagi udah masuk Big Ten hiks*

dan alhamdulillah saya masuk Big Ten jadi harapan Papa Adin untuk melihat murid Diamond di Big Ten pun terjawab.




dan saya dan teman-teman 119 pun resmi menjadi alumni BEC..

woaaaa panjaaaaang sekali yes ceritanya!
jadi yaaa begitulah, rasanya 6 bulan di BEC masih jadi one of the best part in my life

intinya sih, jangan pernah underestimate atau memandang rendah apapun sebelum kita merasakannya sendiri.. 
inget kan alasan awal saya belajar di BEC?
yaaa saya yang jutek sengak dan songong hanya ingin membuktikan bahwa saya bisa 'menaklukan' BEC,
tanpa saya sadari bahwa pada akhirnya malah BEC yang berhasil menaklukan hati dan attitude saya.

note: ki-ka; Miss Isni, Wenny, Faisal, Me and Laila
saya belajar bahasa inggris di BEC mungkin tidak 100% tapi BEC sudah mengajarkan saya hal yang leeebih berarti daripada sekedar rumus-rumus Grammar..

mengajarkan saya bagaimana untuk bersikap, untuk down to earth, untuk nrimo, dan banyaaaak kualitas manusia baik lainnya.

masya Allah, benar-benar hanya Allah yang bisa membalas semua kebaikan guru-guru dan segenap keluarga besar BEC..

dan saya sangat sangat beruntung bisa menjadi bagian dari keluarga besar itu :')

hmm.. sudah selesai?
belum, masih ada satu unbiological family lagi..

ya.. Mastering System 53.

0 comments