Tak Kenal Maka Taaruf


MASA TAARUF !!!



naaaah...
berhubung saya kuliah di PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) jadi kami tidak punya istilah Ospek atau PPMB atau apalah itu namanya, sebagai gantinya kami punya Masa Taaruf atau Mataf yang diperuntukkan bagi mahasiswa mahasiswa baru di semester pertama.
mataf ini diadakan tiga hari; Mataf Universitas, Mataf Fakultas dan Mataf Jurusan.
okay sekarang mari kita bahas satu persatu (fyi dulu sebagai maba ingusan yang ngga tau apa apa, saya despret banget nyari nyari info tentang mataf kaya gimana, sampe bolak balik gugling tapi ngga dapet informasi apa apa, sooo now im gonna write this thing down fellaaa!! jadi buat adik adik maba yang mau kuliah di universitas mahadahsyat yogyakarta ini dan lagi bingung nyari informasi tentang M-A-T-A-F , hah, you gonna worship me laters hahahaha *ketawa setan* *abaikan* *kelamaan jomblo*)

okay. mataf hari pertama: Mataf Universitas.
nah, mataf ini masih agak enak nih since kita semua ada di Sportorium (bangunan kece badai milik Muhammadiyah yang bentuknya bagus bangettt) dan cuma perlu pake kemeja putih, rok/celana hitam, jaket almamater dan nametag yang sederhana dan masih boleh bawa tas yang wajar juga kok.
satu-satunya hal yang ngeselin adalah kewajiban bawa roti bem dan air minum bem yang itu cuma dijual selama dua hari dan harus rebutan gwela buat ngedapetinnya sampe dorong-dorongan dan kedempet-dempet manusia manusia. hah.
okay. lupakan.

Sportorium kece badhaaai~


nah, tapi so far mataf univ ini kece badai maksimal lah asiknya.
secara di mataf ini kita bakal di kelompokin berdasarkan fakultas dan tiap tiap fakultas punya jargon dan yel yel sendiri yang... you know... made to compete. hmm
selama ini sih FISIPOL selalu jadi Best Faculty. hahaha.
jadi 'saingan terberat' FISIPOL yang pertama adalah FE dengan jumlah mahasiswanya paling banyak di universitas, sekitar 600an. saingan kedua datang dari FT. yep, entah kenapa anak FISIPOL dan anak Teknik ini susyah banget akur; demennya hina-hinaan mulu tapi entar anak FISIPOL kalau nyari jodoh juga nyarinya ke Teknik. vis-a-vis. haha
terus paling menyedihkan adalah anak FPB (Fakultas Pendidikan Bahasa). gimana ngga menyedihkan, jumlah mereka satu fakultas sama jumlah HI satu jurusan aja masih banyakan jumlah HI *usap air mata*
saingan yang cukup berat lainnya adalah FH since mereka juga orangnya 'ngotot-ngotot' terus juga masih ada Vokasi yang gabung sama FKIK. sisanya? hmm.. Pertanian ya, biasa aja sih ..
okay, jadi ketika kita para maba bar bar ini nunggu acara mataf universitas mulai, perang jargon dan yel yel antar fakultas pun di mulai.
anak FISIPOL yang duduk di pojok bawah kanan berdampingan dengan FKIK-Vokasi dan FE sering banget battle sama anak FT yang duduk di tribun kanan atas; jadi kalau nunjuk nunjuk pas banget kenanya šŸ˜‚
pokoknya kalau anak anak teknik itu udah mulai berkoar, beuuuuh, ngeriiii.
secara mereka ada 7 shaf, dan 1 shaf perempuan sisanya laki laki perkasa yang suaranya ngebaaass semua. hmm.
suara mereka kenceng gila ditambah posisi pas dibawah atap jadi bergaung gitu mana yel yel aneh ngga jelas, it's like "heumm keselek keselek linggis linggis keselek keselek kunci inggris keselek keselek masjid jami" entah apa lagi ngga jelas pokoknya -_-
yang ngeselin dari anak teknik adalah yel yel mereka yang suka motong yel yel fakultas lain dan entah kenapa mereka selalu nunjuk anak anak FISIPOL yang duduk di bawah! bzz banget lah pokoknya
dan hebatnya anak FISIPOL adalah, mereka berkoalisi nyari temen buat nyorakin Teknik (emang dasar anak politik, pinter banget nyari pendukung haha)
salah satunya yang digandeng adalah; FKIK-Vokasi (since lumayan banyak anak FISIPOL yang punya cita cita jadi istri/suami nya dokter. ehem)
jadi tiap kali FKIK-Vokasi menyuarakan yel mereka, FISIPOL pasti ikut heboh dan tepuk tangan.
haha.
seru lah pokoknya. seru banget.

meme bikinan saya sebagai balesan post anak Teknik nya Dagelan wkwkwks sempet ngetrend jugak di Path dan BBM :3


fyi, semester tiga nanti saya punya niat buat ikut recruitment jadi Pemandu Mataf biar bisa ikut Mataf Univ lagi dan ngebantuin FISIPOL mempecundangi Teknik. hahahaha.
tapi akhirnya tanding yel yel pun harus berhenti karena mataf akan dimulai.
ada penampilan dari UKM UKM such Tapak Putih (cmiiw, ngga tau nama nya bener atau ngga lah pokoknya UKM yg berantem berantenan gitu) terus ada Drum Corps sama Tari, daaaaan (kerennya) ada penampilan tari saman dari KOMAHI !! yuhuuu kece banget lah KOMAHI bisa sampe di mataf universitas (denger denger sih HI emang udah lama jadi the best department di kampus :3)
terus setelah penampilan penampilan resting saya malah lupa ada agenda apa lagi -,-
intinya mataf kelar setelah bada ashar, sebelum pulang pun ada perang yel yel lagi. dan kali ini makin panas. sampe jingkrak jingkrak ngga jelas.
sampe akhirnya kakak-kakak FISIPOL malah ngajakin adek adek maba nya buat nyanyiin yel yel yang offensive banget; "sayooonaraaa.. sayooonaraa.. sampai berjumpa lagiiii... buat apa TEKNIK! buat apa TEKNIK!! TEKNIK ITU TAK ADA GUNANYAAAA" (dinyanyikan dengan stressing pada kata 'teknik')
parah dan seru gila deh pokoknya.
okay. lalu kita pun pulang dengan bara masih membara pada Teknik sore itu.

ini niiih deretan anak FISIPOL

hari kedua; Mataf Fakultas
dan as the best faculty; FISIPOL kembali melaksanakan mataf di Sportorium. ber-ac doong daripada anak sana noh yang harus panas-panasan di lapangan (perkataan ini dikutip dari salah satu kakak panitia dari BEM fakultas)
okay jadi mataf fakultas ini agak sedikit 'lebih ribet' daripada mataf univ.
kita harus pake baju batik. bawa keranjang sampah dan kain jarik. bawa makanan dengan nama aneh aneh such as Buah Raja Mesir. pake pin garuda. dan banyak lagi.
di mataf fakultas dikenalin fakultas fakultas yang ada di kampus (dan semua berdesis pas fakuktas teknik disebut šŸ˜‚) terus juga ada sesi materi plus tanya jawab gitu. ada apa lagi ya -,- lupak. maafkan.
mataf fakultas ini juga sampe ashar aja. oiya, di mataf fakultas ini kita dibagi menjadi kafilah kafilah dengan nama nama tarian; ada rampak bedug, ronggeng blentek, merak, entah apa lagi pokoknya banyak.
oiya terus di mataf fakultas ini kita pake co card yang ribet banget bentuk rumah adat ada fotonya dan tulisan tulisan gitu dilapisi batik pokoknya. nah di mataf fakultas ini kita udah capek dan nguantuk banget pokoknya dan masih dibikin deg-degan buat mataf jurusan besok mana mataf IP dan Ilkom requirementnya ngeri ngeri syedaps kaya pake baju batik warna tertentu, bikin co card bentuk televisi, bikin kacamata 3D, pake karet gelang warna hijau sejumlah bulan lahir di tangan kanan dan tanggal lahir di tangan kiri, dan lain lain

Mataf HI yang masya Allah kecenyaaaa (fyi ini foto mataf 2013 tapi, bukan 2014 hehe)


akhirnyaaaaa hari ketiga; Mataf Jurusan
alhamdulillah puji Tuhan syukur banget mataf ketiga ini khusus anak anak HI ngga akan merasakan panas menyengat musim kemaraunya jogja since kita mataf di dalem Sportorium! yuhuuu~
jadi bagi kalian maba HI bersyukurkah karena tiga hari penuh (empat hari sama OSDI) bakal stay di Sportorium. syalalala~
dan mataf HI ini juga enak kok, ngga ribet ribet.
kita cuma as simple as wearing white shirt and black skirt/trouser. pake co card persegi panjang biasa yg ada lambang ASEAN dan Bendera negara asal. oh iya jadi di mataf jurusan ini kita di bagi bagi menjadi beberapa delegasi dari negara negara di Asean+. saya kebagian jadi delegasi Australia
nah, per delegasi juga harus pake dua atribut khas negara delegasi
terus kita juga harus pake tas berbentuk koper warna hitam yang ada lambang negara nya, bikin bendera negara juga.
barang bawaannya siiiih ngga susah tapi mahal dong -,-
roti boy, nestle purelife, wafer selamat, bear brand dan entah apa lagi. lupak.
pas pertama masuk ke Sporto wuuuh kaget gwela karena kita disambut pake (literally) red carpet dan di sisi sisi red carpet itu ada kakak mates (pemandu mataf HI) yang mengibarkan bendera bendera negara kita.
feels like... you are really a DIPLOMAT!! YAY!
terus juga kita duduk di atas kursi. hmmm so exclusive sekali lah pokoknya.
oh iya dan pertama kalinya selama mataf ini makan siang kita dilakukan secara prasmanan! zuper zekali
saluuut pokoknya sama kakak panitia šŸ‘
di mataf jurusan ini ada talkshow yang menghadirkan alumni alumni HI, ada presentasi position paper juga plus tari saman (lagi!) teruuuus diakhir ada something quite unforgettable for us; YEP! TREKJING!
jadi trekjing ini semacam senam asik asik gitulah. asik pokoknyaaaa. dan mataf HI selesai pas bada maghrib.
hiyaaaaa sumpah lah mataf seruuuu pokoknya !!!
oh iya, setelah mataf masih ada OSDI aka Orientasi Studi Dasar Islam.
ini berupa materi materi keislaman gitu, enak kok, tinggal duduk aja, bisa nyuri nyuri tidur juga kalau mau :3
naaaaah... that is Masa Taaruf.
gimanaaa? gimana? asik toh? asik kok. fiuuuh~
and this is how our college life began ..

0 comments