Pengalaman Daftar Türkiye Bursları 2018 DAN GAGAL

haaaaaai!
ngga kok, ini judulnya bukan mengarah kepada pesimisme atau niat buat bikin ngedown yang baca hehehe tapi ini buat sharing pengalaman aja *alah*
jadi, saat masa-masa pendaftaran dan sebelum pengumuman saya baca buanyaaaak sekali pengalaman orang-orang yang berhasil lolos dan ngga pernah baca sekalipun pengalaman orang yang ngga lolos atau gagal :)
yawda jadi untuk temen-temen yang mau daftar beasiswa ini tahun depan bisa ambil sesuatu dari kegagalan saya hehe dan note ini saya ngga lolosnya dari tahap administrasi yaaak
okei let's get started!



ini adalah tampilan website yang digunakan untuk semua proses pendaftaran beasiswa TBY
okei, sebelumnya TBY ini adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Turki dibawah kementerian luar negerinya cmiiw, bagi yang mau tau lebih lengkap deksripsinya bisa langsung aja ke websitenya yaaa (lah gimanasi katanya mau bagi pengalaman daftar beasiswa turkinya malah disuruh ke websitenya sendiri)
hehe
okei, jadi gini ya pembaca yang budiman, ada alasan kenapa orang yang mencari beasiswa sering disebut juga Pejuang Beasiswa atau Pemburu Beasiswa, yaaa karena seluruh prosesnya mewajibkan kita untuk menjadi pemburu, pejuang. kita ngga diharapkan untuk diam dan minta disuapin semua informasi yang ada, tapi kita diharapkan aktif mencari tau segala informasi terkait beasiswa yang diberikan.
dari pengalaman saya kemarin, saya bergabung ke sebuah grup telegram untuk orang-orang yang mau mendaftar beasiswa TBY ini dan believe me seringkali, bahkan hampir semua, pertanyaan yang didiskusikan di grup terdiri dari pertanyaan:

1) pertanyaan yang 'ngga selayaknya' ditanyakan oleh calon penerima beasiswa seperti misalnya "kak, akte kelahiranku pinggirannya sobek nih, kira-kira masalah ngga ya kalo di scan? atau aku scan fotokopiannya aja ya?" atau "kak, aku liat LOI kakak dong!"
hellaaaaaw, gimana ya..
duh, ya usaha dongggg cantikkk :)
pinggirannya sobek? yaaa ngga perlu ditanyain sih ya, ya dilem atau di solasi atau gimana lah ya intinya kan pas di scan itu dokumen rapih dan ngga rusak, terus minta dibikinin ini itu hehe kan yang mau dapet beasiswa kamu kok yang mikir saya?

2) pertanyaan yang jawabannya udah ada di FAQ website resmi pemberi beasiswa
naini. ini nih.
ya tapi kalo modelan yang kaya gini sih saya kadang masih suka jawab hehe soalnya saya kan maklum bangsa indonesia itu bangsa yang pualing swulit swusah buat diminta baca :)
padahal semua pertanyaannya udah ada di FAQ seperti "kak kalo daftar lebih dari satu jenis beasiswa boleh ngga?" "kak ini pake nilai UN atau nilai rapor?" "kak nilaiku dibawah 70 gimana ya"
huft.
sebelum daftar, baca FAQnya yaa saudara-saudaraku tercinta. kalau perlu halaman FAQ di print dan di tempel di kamar hehe

beasiswa TBY ini sebenernya ngga begitu populer beberapa tahun yang lalu, tapi memang sih beasiswa ini adalah salah satu beasiswa paling murah dan paling gampang yang pernah saya temuin (btw TBY ini pengalaman berburu beasiswa pertama saya ya hehe), nah karena kemudahan aplikasinya ngga heran kalo TBY ini sekarang pesertanya membludak sampe puluhan ribu. wow. wow. jadi artinya kompetisi untuk mendapatkan beasiswa inipun semakin ketat.

beasiswa TBY ini hanya ada dua tahap, pertama tahap administrasi online dan yang kedua tahap wawancara. udah. itu aja, ngga ada essay on the spot, ngga ada lgd, ngga ada tpa dan segala macemnya. iya, gampang kan? hehehe tapi ngga lolos, ham, piye :|
enaknya lagi beasiswa ini adalah beasiswa full, mulai dari pesawat dari berangkat dan pulang pake Turkish Airlines, tuition fee, dan uang saku. enak pokoknya. bahkan denger-denger mulai tahun ini ada tunjanga untuk istri/suami juga hehe
HEHE
tunangan pasangan hidup di lpdp malah diilangin ya mulai tahun ini? hm.

Turki juga, ngga bisa dipungkiri adalah negara yang cantik buat jalan-jalan dan sangat instagrammable (hellaw wkwk) duh harus dibenerin ya niatnya yang mau ikut beasiswa ini, jangan jadikan jalan-jalan sebagai prioritas :)
Turki deket banget ke eropa gaes, asik kan sambil menyelam jalan-jalan ke yunani :)
terus terus Turki juga selama ini telah konsisten menjadi salah satu aktor penting dalam politik global, jadi belajar ilmu politik dan hubungan internasional disana pasti bakalan asik banget.

terus ada lagi, ini ngga tau sih enak atau ngga tapi beasiswa ini mewajibkan penambahan masa studi satu tahun untuk mempelajari bahasa turki di TOMER (kelas persiapan) jadi untuk S1 masa belajar jadi sekitar 5 tahun dan S2 jadi sekitar 3 tahun. apakah ini keuntungan? you decide.

ngga enaknya adalaaaah...

1. ngga jelas. hehe maksudnya ngga jelas adalah banyaaak banget pengalaman scholarship holder (orang-orang yang udah dapet beasiswa) ini yang beda-beda. bahkan nih ya, pengalaman dua orang dalam satu masa pendaftaran yang sama aja bisa beda. jadi harus banyak-banyak tanya holder lainnya supaya wawasan kita tentang beasiswa ini juga ngga satu sisi aja. dan selebihnya sih ya pasrah aja karena beasiswa ya suka suka pemberi beasiswanya aja :)

2. ngga semua universitas di Turki bagus. hehe. yaiyalah. di Indonesia juga ngga semua universitas oke. tapi yang mau saya tekankan adalah, ketika kita bener-bener niat untuk kuliah di Turki dengan beasiswa ini please please jangan lupa pertimbangkan universitasnya juga ya gaes, jangan sampai kita berprinsip "udahlah dimana aja kuliah yang penting di luar negeri" hm. jangan ya. saran saya sih sebelum menentukan mau daftar ke univeristas mana riset dulu universitasnya dengan menyeluruh yaaa, mulai dari QS world ranking, daftar mata kuliah, dan professor-professornya, sebagai contoh, sebelum pendaftaran dimulai saya sudah melakukan riset secara mendalam terhadap beberapa kampus turki yang jurusan Hubungan Internasionalnya oke. riset ini ngga sebentar, saya butuh waktu sekitar tiga hari untuk riset univ-univ teratas di Turki.
waktu itu pilihan saya jatuh pada Koç University.
Koç University ini adalah kampus swasta yang bertempat di Istanbul. buat temen-temen yang juga mau ambil  S2 jurusan Politik/HI/Hukum (pokoknya rumpun sosial humaniora) wah saya rekomendasiin ke kampus ini aja karena omg Koç University is soooo cool and dope.
saya waktu itu berniat untuk mengambil hukum inernasional (murtad dari HI) tapi ternyata mulai tahun ini pendaftarannya harus linear jadi yaa ngga apa-apalah HI nya di Koç University juga masih okei, dan yang paling kece adalah di Koç University ada professor hukum internasional keren banget yaitu prof. Başak Çalı !! sungguhan lah beliau ini kece bangettttt!!! pokoknya someday hamtaro harus ketemu sama beliau aamiin.
tapi gaes ternyata tahun ini Koç University ngga masuk dalam daftar universitas di beasiswa TBY :)
hehein aja hehe
nah jadilah kemarin saya hanya pilih dua universitas dari duabelas slot yang ditawarkan. 
iya gaes. dua aja :)
universitas itu yaitu Istanbul University dan Hacettepe University di Ankara.
kenapa ngga pilih universitas yang lain? ya karena simply universitas selain itu ngga sreg aja sama pengennya hamtaro. mungkin karena hanya memilih dua universitas itulah makanya saya ngga lolos ke tahap wawancara hehehehehehehehe
ya abis gimana yaaa, bahkan banyak universitas disana yang QS World Rankingnya masih dibawah Universitas Muhammaiyah Surakarta (tanpa mengurangi rasa hormat) means masih bagusan universitas tempat saya nyelesein S1, yaaa kalau gitumah ngapain jauh-jauh ke Turki kan, di UI aja mending hehe
soalnya saya punya prinsip bahwa setiap hari harus selalu lebih baik, S2 saya harus di kampus dengan kualitas yang jauh lebih baik daripada S1 saya hehe.
tapi itukan prinsip saya, kalo misal temen-temen lebih mengedepankan lingkungan belajar global dan merasakan pembelajaran secara lebih mendunia dan mendapatkan pengalaman-pengalaman non-akademik dari belajar di Turki yaaa it is amazing too! it really is.

aduh kebanyakan ngomong kan.
nah lanjut ke masalah dokumen yang diperlukan.
sebenernya ini juga ada di FAQ ya  tapi yaaa ngga apa-apalah (yang baca FAQ sebagai f^ck ayoo tunjuk tangan wkwkwk).
kemarin ada beberapa temen di grup telegram yang ribet banget masalah foto untuk akun TBY. yaa karena disitu ada tulisannya bahwa fotonya harus biometrik, yaaa untuk amannya sih pake aja foto pasfoto okei. nggausah ngeribetin dengan googling dan bingung kesana kemari cuma nyariin foto biometrik itu yang kekmana :'
come on ini cuma foto buat akun doang okei
tips pertama: jangan ngeribetin hal yang ngga berharga buat diribetin

(yaa Allah udah ngetik panjang lebar baru ngasih tips pertama wkwkwkw)

nah jadi untuk daftar (tahap administrasi) kira-kira ada dua bagian, bagian pertama adaah basic information dan bagian kedua adalah substansi (bagian buat isi rekomendasi, pilih preference kampus, dan isi letter of intent).
untuk bagian pertama mulai siapin semua dokumen yang diperlukan. okei untuk tahun ini dokumen yang saya upload adalah (dan i guess ini adalah dokumen standar dimana-mana kalo daftar butuh dokumen ini juga)

1. Ijazah (in my case, karena belum punya ijazah jadi saya pakai surat keterangan dari prodi bahwa saya akan lulus pada tanggal sekian sekian gitu. mungkin ini juga salah satu alasan saya ngga lolos administrasi hahaha karena temen saya yang juga daftar menggunakan surat keterangan seperti ini ngga lolos juga)
2. Transkrip Nilai
3. KTP/Akte/Paspor (selain ini jangan) (upload satu aja ngga usah tiga-tiganya juga) (kalo udah punya paspor upload paspor aja hehe ini bisa jadi pertimbangan bahwa you are ready to go anytime)
4. Curriculum Vitae
5. Sertifikat TOEFL/IELTS (ngga wajib, tapi USAHAIN BANGET ADA. kalao cuma punya ITP juga ngga apa apa, upload aja)
6. Sertifikat GRE/GMAT/SAT/ALES (ngga wajib sih, tapi usahain juga ada, apalagi kalo jurusan yang mau kalian tuju syaratin sertifikat ini. waktu itu Istanbul dan Hacettepe sama-sama ngesyaratin GRE tapi saya ngga upload karena ngga punya dan belum ambil tes karena mahal hahaha ya jadi salah satu alasan saya ngga keterima tahap wawancara mungkin juga karena semua univ yang saya pilih minta GRE tapi saya ngga punya, tapi sebenernya ngga apa-apa kalo belum punya dan ngga diupload asal pas wawancara bawa sertifikatnya ya)
7. Sertifikat prestasi, volunteer, organisasi, magang, dan sertifikat apapun YANG BANYAK, ok. pokoknya yang banyak, saya upload banyak banget kemaren, bahkan saking niatnya saya translate semua sertifikat berbahasa indonesia ke bahasa inggris (ngga pake sworn translator sih, yakali pake sworn bisa langsung ngga makan dua bulan lah wkwk)
nah berikut penampakan akun dan apa aja yang harus diisi (beberapa info penting saya sensor ya maaf ehehe)


ini informasi pribadi

ini keterangan keluarga, ngga usah ngeribetin berapa income keluarga kalo ngga tau, dikira-kira aja


kemampuan bahasa kita, itu btw saya upload ITP hehehe

kalo punya GRE/GMAT/ALES/SAT bisa diupload disini. punya sertifikat ini ngga jamin lolos wawancara kok, temen saya ada yang upload GRE tapi ngga lolos sampe wawancara juga :)

nih kan saya upload banyak banget hahaha btw kebawahnya masih banyak :" tapi tetep aja ngga lolos :' lol

kegiatan-kegiatan sosial, banyak yang ngga keupload sih sebenernya :(

upload ijazah dan transkrip disini, saya upload ijazah SMA juga tapi katanya sih ngga wajib upload, semuanya ditranslate dan di legalisir yak. kemaren saya ngga dilegalisir, tapi saya upload translate dan aslinya juga

pengalaman kerja, kalo udah punya tulis aja semuanya, btw ini semua kerjaan saya part time. oh jangan lupa upload cv juga

intinya pernah ke turki apa belum dan punya kenalan atau saudara di turki apa ngga

info kontak

 nah lalu lanjut ke bagian dua.
setelah ngelengkapin semua dokumen dan data diatas saatnya klik home terus nanti bakal ada pilihan beasiswa yang tersedia, klik aja terus bakal langsung diarahin ke bagian dua yaitu pengisian preferensi universitas, letter of intent dan rekomendasi (saya lupa urutannya tapi isinya tiga itu)

1. Preferensi Universitas
disini nanti kita bisa pilih jurusan dan universitas apa aja yang mau kita ambil, harus linear, dan kalo misal ngga keluar pilihan jurusannya berarti simply di Turki ngga ada jurusan yang temen-temen pengenin. catatan, kita bisa pilih sampe 12 universitas tapi universitas yang ada di kota besar seperti Istanbul dan Ankara ngga boleh lebih dari setengah jumlah pilihan. nah makanya saya ngga lolos sih ya kayanya karena cuma milih dua universitas, dua-duanya top, dan dua-duanya di kota besar. ehtapi ada kakak tingkat saya yang milih sampe 12 universitas tapi ngga lolos wawancara juga. hm. kenapa yaa
Tips Kedua: pilih universitas yang ok. inget, jauh-jauh ke Turki dan nambah 1 tahun masa studi adalah pengorbanan yang luar biasa, jangan sampai kita 'terdampar' di universitas yang kualitasnya biasa-biasa aja atau bahkan jauh dibawah universitas di negeri sendiri (apalagi buat S1, soalnya menurut saya sih S1 kan belum pernah kuliah tuh jadi kualitas dan etos akademik bakal bener-bener dibangun di tahap ini jadi sayang banget kalo misal dapet univeristas yang ngga worth it) inget, jangan hanya mentingin 'di luar negeri' nya yaaa 

2. Letter of Intent
okei, ini juga adalah bagian yang cukup krusial. tahun ini letter of intent atau loi untuk jenjang S1 sih sama kaya loi tahun-tahun sebelumnya, mirip motivation letter atau personal statement gitu, nanti ada pertanyaannya temen-temen tinggal isi aja, pertanyaannya standar kaya "kenapa mau kuliah di Turki?" "kenapa ambil jurusan itu?" dan sebagainya sementara untuk loi S2 dan S3 bentuknya seperti thesis proposal. iya. thesis proposal hehehe
saran saya sih kerjakan bagian loi ini dengan banyak-banyak merenung dan berpikir, jangan ngasal!
untuk lebih lengkap loi pascasarjana dibawah ini yaaa



3. Rekomendasi
disini kita diminta untuk mengisi data diri referee atau pemberi rekomendasi dan mengupload surat rekomendasi. surat rekomendasi berbahasa inggris, pake kop, dan ditandatangani referee. dulu saya cuma pakai satu referee, padahal ngga dibatasi mau duapuluh juga boleh :(

Tips Ketiga: pakai sebanyak mungkin referee yaaa, empat atau lima juga boleh, kalo bisa ada referee akademik dan referee profesional (misal atasan kerja) kalo belum kerja ya ngga apa apa, pake kepala lab juga oke kayanya. 

dan make sure semua isi rekomendasinya beda-beda yaa jangan sama nanti dikira copas *ea* pastiin juga isi tiap surat rekomendasi menekankan hal yang berbeda dari kualitas diri kamu, dan selalu pilih referee yang lebih kenal dekat dengan kamu ketimbang jabatan, misal dosen pembimbing kamu belum doktor yaa ngga apa apa, nanti ditambahin sama referee yang udah doktor atau professor walaupun ngga begitu kenal. dan TBY ngga ngasih format surat rekomendasi jadi kita bikin sendiri, banyak di internet contohnya, google aja. jangan minta-minta format surat rekomendasi di grup okei, kalo ngga nemu juga format surat rekomendasi, pake format rekomendasi lpdp aja, di copas ke word, jadi deh!

aaaaand we're done!
selanjutnya banyak-banyak berdoa supaya bisa lolos administrasi.
tahun ke tahun memang peminat TBY ini makin banyak jadi wajar kalau kompetisi makin ketat dan ngga segampang dulu lagi *usap airmata* *ew* *brb lpdp* *tapi btw sekarang lpdp tambah ketaaattt dan susahhhh hahaha*

pesan saya *eaaa*, iyanih penting, pesan dari seseorang yang ngga lolos bahkan ke tahap wawancara, jangan ngedown hehe,
apalagi baru percobaan pertama hmm emangsih liat yang lain bisa lolos (apalagi saya rasa kualifikasinya ngga jauh beda sama saya *brb istighfar* itu sakit, dikit, dikit aja kok ngga banyak) tapi balik lagi ke doa-doa kita sama Allah.
kalo kita berdoa untuk diberikan yang terrrrrrbaik dan ternyata kita ngga lolos TBY ini yaaa simply pergi ke Turki BUKAN YANG TERBAIK buat kita dan masa depan kita (iya, kita, aku dan kamu *apasi*.
kan mintanya yang terbaik, bukan minta ke Turki. he he he.

itu ajasi.
jadi, apakah anda sekalian mendapatkan insight dari post saya yang panjang ini? please say yes please say yes wqwqwq
untuk temen-temen yang kemarin wawancara good luck dan semoga jadi berangkat ke Turki yaaak! nanti hamtaro main-main kok kesana, dan untuk adik-adik yang daftar S1 semangat yaaa, emang ngeselin nunggu pengumuman tuh hehe sabar sabar ya

Tips Terakhir: jangan daftar di tiga hari terakhir kalo ngga mau beban pikiran dan hati
karena pasti websitenya ngedowwwwwn. iya, ngedown dan ngga bisa diakses, kaya website lpdp gitudeee *ea* *padahal pendaftaran baru buka tapi website lpdp langsung ngedown dan error aja yaa Allah*

terima kasih sudah membaca sampai sejauh ini.
see you on my next post!

0 comments